header

header
aceh
  • Latest News

    Saturday, November 28, 2020

    Kegelisahan menjelang meletusnya pemberontakan DI TII

    20 September 1953,hari yang bersejarah,hari mulai meletusnya perlawanan dengan sangat teratur yang digerakkan olehTeungku Daud Beureueh dan kawan2nya,antara lain Hasan Ali, Teuku Mohamad Amin,Husin Jusuf,Hasan Saleh.

    Pemberontakan ini dilakukan oleh sebagian dari rakyat Atjeh,dipimpin oleh beberapa anggota golongan yang dalam masyarakat Atjeh lazim disebut golongan Ulama, yaitu golongan jang sejak permulaan pengumuman proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Augustus 194'5,menyediakan tenaga2 terbanyak dan terpenting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

    Tujuan gerakan pemberontakan ini adalah menurut „Proklamasi" yang ditanda tangani atas nama „Umat Islam Daerah Atjeh"oleh Teungku Mohamad Daud Beureuh dan tertanggal 21 September 1953, diikuti dengan Keterangan Politik dengan tanggal yang sama Menegakkan Negara Islam dimana berlaku Hukum Allah dan Rasul.

    Resolusi penduduk Lueung Putu,17 Augustus 1953. Pada tanggal jang sama djuga, diadakan rapat oleh penduduk di Lueung Putu dalam rapat mana diambil suatu resolusi jang ditanda tangani oleh 41 peserta rapat dan kemudian dikirimkan kepada Pemerintah di jakarta.

    juga resolusi ini menyerupai suatu peringatan,gentingnya keadaan dewasa itu dan mendesak pula Pemerintah,supaya ditangkap Daud Beureu'ih dankawan2nya."Untuk mana mereka sanggupi memberikan bantuan seperlunya.

    Alasan2permintaan itu adalah; tindakan2
    dari fihak Daud Beureu'ih,yang menurut mereka terdiri dari :

    „memaksa rakjat memasuki Masjumi/Pusa, jaitu djika tidak menurut,diancam akan dibunuh dan dibakar rumahnya."menyuruh bikin senjata parang2 panjang,tombak,lembing,dan sebagainya".melatih Pandu2 Islam dan orang2 Pusa yang sudah besar, sebagai latihan tentara siang malam".

    kemana-mana mereka sudah bersiap sedia dengan alat dan senjata terutama dimalam-malam hari terdapat djuga bergerombolan2dengan memakai pakaian2 warna gelap dan dengan senjata2 gelap".,memaksa dan mengancam penduduk2 yang tidak mau menurut kehendak dan pekerjaan mereka itu
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kegelisahan menjelang meletusnya pemberontakan DI TII Rating: 5 Reviewed By: Jass
    Scroll to Top