header

header
aceh
  • Latest News

    Friday, November 27, 2020

    Tokoh Sejarah Aceh Ampon Chik Muhammad Johan Alamsjah

    Ampon Chik Muhammad Johan Alamsjah

    Teuku Muhammad Djohan Alamsjah
    Menerupakan turunan generasi ke 9 pengungsi Imperium Abbasiyah yang terdampar di Bandar Aceh pada abad ke-13.

    Teuku Tjhik Sjamaun, ayah Teuku Muhammad  Djohan Alamsjah mempunyai dua orang Isteri  pertamanya, Potjut Salbiah  pribumi Nanggroe Peusangan, melahirkan dua orang anak.

    Anak pertamanya seorang putri diberi nama Potjut Zahara, yang biasa di sebut Potjut Buluen.

    Anak kedua seorang putra diberi nama Teuku  Ali Alamsjah. Rakyat nanggroe Peusangan menggelari beliau dengan nama Panglima Perang (Ampon Prang), karena beliau juga pemimpin pasukan Nanggroe Peusangan dalam peperangan melawan tentara Belanda.

    Isteri kedua Teuku Tjhik Sjamaun, adalah Potjut Unggaih, melahirkan 3 orang anak, terdiri dari 2 orang putra dan seorang putri.

    Anak pertama Teuku Tjhik Sjamaun dari putri ulebalanng Meureudu ini adalah seorang putri bernama Potjut Sjaribanun. Atau biasa di panggil  Potjut Putro oleh masyarakat Peusangan karena sikapnya· yang agung dalam kehidupan sehari hari dengan rakyaknya.

    Anak kedua adalah seorang putra bernama Teuku Muhammad Djohan Alamsjah, seorang  pemuda yang kelak tampil menjadi uleebalang terkemuka di Aceh.

    Dan yang ketiga juga seorang putra diberi nama Teuku Bustaman. Pulo Iboh, tempat kelahiran dan tempat Teuku Muhammad Djohan Alamsjah dibesarkan, adalah juga tempat kediaman resmi uleebalanng Peusangan.

    Pulo Iboh juga disebut kuta uleebalang Nanggroe Peusangan. Desa Iboh juga memegang kunci penting dalam sejarah revolusi sosial Aceh tahun 1945-1946.


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tokoh Sejarah Aceh Ampon Chik Muhammad Johan Alamsjah Rating: 5 Reviewed By: -
    Scroll to Top