header

header
aceh
  • Latest News

    Tuesday, February 9, 2021

    Cadangan Gas Terbesar Kedua di Dunia Ada di Pidie Jaya? Atau hoax

    ACEHSATU.COM | LHOKSEUMAWE –

    Setelah LNG Arun selesai, saat ini Aceh dikabarkan masih memiliki cadangan gas alam besar, bahkan terbesar kedua di dunia. Letaknya di kawasan lepas pantai Meureudu, Pidie Jaya.

    Rencananya pengeboran mulai dilakukan pada 2021 “Kita mendapat informasi cadangan gas alam masih banyak di Aceh, kabarnya terbesar kedua di dunia ada , lokasinya di lepas pantai Meureudu Pidie Jaya,” ungkap Rektor Unimal Dr. Ir. Herman Fithra, ASEAN.Eng disela-sela acara penyerahan penghargaan untuk pemenang lomba karya tulis di aula Cut Meutia Kampus Unimal Bukit Indah, Lhokseumawe, Senin (8/1/2021).

    Anda mungkin menyukai artikel ini

    Petani Aceh Besar Keluhkan Kelangkaan Pupuk Bersubsidi

    Miftahul Hamdi Mulai Ikut TC Persiapan Sea Game

    Sambung Herman, rencananya pengeboran akan dilakukan pada Agustus atau September tahun ini untuk memastikan jumlah cadangan yang tersedia.

    Herman mengakui saat ini Unimal sedang mempersiapkan Prodi Teknik Perminyakan untuk mencetak tenaga handal untuk mengisi peluang lowongan pekerjaan di perusahan-dperusahaan eksplorasi gas bumi di Aceh dan Indonesia.

    “Nantinya lulusan dari Tekni Perminyakan akan kita mengisi peluang-peluang pekerjaan di perusahaan Migas, termasuk di blok Meureudu yang saat ini sedang persiapan untuk pengeboran,” jelasnya.

    Katanya persiapan prodi khusus itu sudah dilakukan sejak tahun 2020 lalu, hanya saja saat ini Unimal memiliki kendala dengan tenaga ahli perminyakan untuk dijadikan tenaga pengajar.

    Namun pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) beberapa hari lalu tujuannya meminta enam sumberdaya dari lembaga itu untuk ditempatkan di Unimal.

    “Untuk persiapan Prodi Perminyakan , kita sudah bertemu dengan BPMA meminta ditempatkan enam tenaga ahli perminyakan sebagai tenaga pengajar.

    BPMA juga sepakat akan membantu berkoordinasi dengan Kementerian ESDM agar segera dikeluarkan izin,” jelasnya lagi.

    Pihaknya mengusulkan program pendidikan dengan pola baru, yaitu setelah lulus mahasiswa langsung diterima di perusahaan Migas, dengan pola ini diharapkan, prodi tersebut langsung mendapat akreditasi unggul.

    “Target kita bulan Agustus ini izin sudah keluar agar kita bisa langsung terima calon mahasiswa, saya minta doa agar target ini tercapai, agar ke depan tidak ada tidak ada lagi istilah ‘Buya Krueng Teudong-dong, Buya Tamong Meuraseuki,’ istilah ini harus dihilangkan dengan cara mencetak sumber daya yang bisa mengisi peluang di industri migas daerah,” ungkapnya.

    Selain itu pihaknya juga akan meminta bantuan dari Mubadala Petrolium, untuk menempat tenaga ahli di Unimal dan memperkuat Prodi Perminyakan.

    Mubadala Petrolium salah satu perusahaan Hulu Migas internasional milik kerajaan Uni Emirat Arab pemegang konsesi ekplorasi migas terbesar di Aceh, yang tersebar di blok Andaman I, Andaman II dan South Andaman dengan total nilai investasi sekitar USD 500 Juta.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Cadangan Gas Terbesar Kedua di Dunia Ada di Pidie Jaya? Atau hoax Rating: 5 Reviewed By: -
    Scroll to Top