header

header
aceh
  • Latest News

    Thursday, February 11, 2021

    MASA KA LAEH

    Pada awal September 1906, dibawah pimpinan orang-orang Peusangan,T. Hakim Reuseb, Imum Rayat Akob dan Pang Baday,negeri Peudada diserang. Mereka berhasil membakar kedai-kedai diPeudada.

    Pada tahun itu juga, uleebalang negeri Nisam, T. RiMahmud dibunuh oleh barisan muslimin dari Peusangan di bawah pimpinan Panglima Prang Sabi. Untuk menggantikannya Belanda mengangkat T. Raja Mat Ali sebagai pejabat uleebalang

    Orang-orang Aceh sendiri,juga ada yang menjadi sasaran barisan muslimin. Ada yang dibunuh, ada yang ternaknya dirampas dan ada yang rumahnya dibakar.

    Pada Februari 1906, tempat kediaman uleebalang Blang Glumpang dan sebagian kedai Lagabatang dibakar.Pada bulan Mei 1906, keujruen Mbang, yang memberi tahu tempat persembunyian keluarga Rojo Redelong Gayo, diserang
    hingga mendapat luka berat

    Pada 8 Desember 1903 menyerah T. Ubit Samalanga,dan empat hari kemudian menyusul pula salah seorang uleebalang di Samalanga, bernama T. Imum Bale.

    Pada 15 Desember 1903 T. Ma' Udin Meureudu bersama dua orang pengiringnya dan T. Lhon Beuracan bersama dua pengikutnya,disusul tiga hari kemudian oleh T. Itam Glumpang Tutong Beuracan dengan20 orang pengiringnya.

    Pada 19 Desember dibawa pula oleh T. Ma' Udin Meureudu putera T. Ben Peukan yang masih kecil dan bersamaan dengan itu mel pula Panglima Usen dari Trienggading dan Pang Garot,keduanya panglima bawahan T. Ben Peuken, dengan enam orang pengikutnya.

    Bersamaan dengan T. Keujruen Bugis mel pual T. Keujruen Ubit dari Blang Jeurat, Tangse serta 38 pengikutnya, Pang Usin Lancok dengan lima kawannya dan abang T. Haji Brahim Lhok Kaju bersama 23 orang

    pengikutnya.(Struyvenberg. him. 9 1 . KV, 1904)foto(Teukoe Di Teupin Raja, Teukoe Oesèn di Rambòng, Pòtjoet di Rambòng Pòtjoet Manja Teukoe Bén Gloempang Pajong te Beureunnoen 1898)


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: MASA KA LAEH Rating: 5 Reviewed By: Jass
    Scroll to Top