header

header
aceh
  • Latest News

    Thursday, February 11, 2021

    Teungku Chik Kutakarang dan Jihad Fisabilillah

    Teungku Chik Kutakarang dalam Tadhkiratul Raqidin (perihal Jihad fi Sabilillah):

    Ya ahlu Aceh lhee sagoe, empat kaum tujuh suku yaitu Ja Sandang dan Ja Batee dan Imam Empat dan Lhee reutoh, maka asal keturunan endatu kamoe nibak Arab dan Turki dan Parsi dan adalah lhee bangsa nyam masyhur gagah perkasa berani zaman dahulu masa berperang dengan Bukhtanasar (Nebukadnezar, Raja Babylon) dam orang putih zaman Bani Israil, dam endatu kamoe yang keturunan ke dalam tanah Aceh itu pun masyhur gagah berani perkasa masa berperang-perang dengan raja Siam dan raja si Ujut.

    Ayyuhal ikhwan, ingat-ingat oleh kamu akan nama agama endatu kamu yang masyhur gagah berani perkasa. Jangan kamu buang akan nama agama mereka itu dan bangkit oleh kamu dari pada melawan kafir Ulanda, karena bahwasanya kafir Ulanda daoam tahun 1307 Hijriah masuk bicara yang halus-halus jalan tipu-tipu yang halus-halus akan orang Aceh Pidir seperti ji buka larang Kuala Meureudue ji tuba Kuala Pedir dan seperti ji tuba Teluk Kruet, ji buka lain-lain dan seperti ji buka ladum meuneukat-meuneukat, ji tuba setengahnya dan seperti ji surong riyal-riyal ke kepala-kepala supaya lalai dari pada bangkit jihad...
    ***
    Ayyuhal ikhwan, bahwasanya Tuan Karamah yakni Teungku Lam Keuneu’en (Syekh Abdullah Kana'an) Wali Allah yang besar, maka peninggalannya al-Qur'anul adzim dan kitabullah, yaitu ilmu jalan di hidup agama Allah dan Rasulullah, dan lagi peninggalan-peninggalannya, sikin-sikin, lembing-lembing yaitu alat perkakas pedang sabilillah, dan lagi peninggalannya bijeh lada dari Timur dan Barat, yaitu akan belanja-belanja akan orang yang baca al-Qur'an dan kitabullah dan akan orang yang berperang sabilillah.

    Ya ahlu Aceh wal Pidir, Timur, Barat yang memegang teluk dan seuneubok ladang-ladang pada tamam bijeh lada, ingat oleh kamu akan hal untung masa dahulu hana areuta-areuta, hana jabatan-jabatan, hana pangkat derajat-derajat.

    Maka manakala kamu tanam bijeh lada peugang seuneubok-seuneubok itu hasil areuta, hasil jabatan, hasil pangkat derajat#1
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Teungku Chik Kutakarang dan Jihad Fisabilillah Rating: 5 Reviewed By: -
    Scroll to Top